Sabtu, 10 Januari 2009

Apresiasi Pembangunan Pertanian

Apresiasi Pembangunan Pertanian

Adu Kreasi Berhadiah Total 208 juta Rupiah - Apresiasi Pembangunan Pertanian

Dalam 10 tahun terakhir telah terjadi penyusutan/koversi lahan pertanian rakyat hingga mencapai 1,1 juta ha. Hingga kondisi tersebut berpengaruh pada produksi hasil-hasil pertanian, terutama di pulau Jawa yang selama ini telah menjadi sentra pertanian pangan.

Maka pada PJP II ini Departemen Pertanian melakukan reorientasi dari pendekatan produksi ke pendapatan petani dengan konsep AGRIBISNIS.

Berdasarkan hal tersebut maka visi pertanian 2020 adalah mewujudkan sektor pertanian yang tangguh, modern dan efisien dengan ciri:

1. pemanfaatan sumber daya pertanian secara optimal dan berkelanjutan;
2. penerapan diversifikasi pertanian yang komprehensif;
3. penerapan rekayasa teknologi spesifik lokasi yang dinamis;
4. peningkatan efisiensi usaha dengan sistem agribisnis.

Memasuki abad 21 pertanian di Indonesia sudah mampu menguasai teknologi tinggi, padat modal dan memiliki nilai tambah untuk bersaing.

Sehingga pertanian tidak lagi dipandang kotor, jauh dari kota, kelompok ekonomi lemah dan tidak memiliki masa depan yang bagus.

Dalam rangka upaya peningkatan kehidupan petani dan pertanian Indonesia sangat dibutuhkan dukungan berupa apresiasi masyarakat terhadap kehidupan petani yang modern dan profesional, maka pada kesempatan ini Departemen Pertania RI menyelenggarakan kegiatan APRESIASI PROGRAM PEMBANGUNAN PERTANIAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar